Global Var

INDEX

1. Buatlah index di tabel mahasiswa, fakultas, jurusan. Kemudian buat lagi index yang bersifat unik disetiap tabel kemudian amati perbedaannya!

2. Buat salah satu kolom di mahasiswa menjadi unik dan inputkan 2 data yang sama. Kemudian amati perbedaannya !

3. Pindahkan data dari tabel mahasiswa, fakultas, jurusan ambil kolom nim, nama mahasiswa, nomor telp, nama fakultas, nama jurusan ke tabel baru yang dinamai „tabel identitas‟.

4. Buatlah contoh penggunaan check pada sub bab pembahasan CHECK. Kemudian masukkan beberapa data baik yang sesuai dengan criteria check maupun yang bukan dan amati perbedaannya.

5. Inputkan data di tabel mahasiswa dimana pada kolom nama sebelum inputkan karakter dahulukan dengan spasi dan di akhiri dengan spasi contoh : “ Bakhtiar Puji s”. kemudian munculkan seluruh data dan hilangkan spasi didepan maupun di belakang karakter!

6. Munculkan data mahasiswa dengan hilangkan karakter “o” di akhir data dan karakter “a” di awal kata pada kolom nama!

Percobaan dilakukan:

1. Indeks disini berguna dalam suatu pencarian nilai atau data dalam database. Dalam suatu kasus ketika mengakses sebuah tabel biasanya DBMS akan membaca seluruh tabel baris perbaris hingga selesai. Ketika baris sangat banyak dan hasil dari query hanya sedikit, maka hal ini sangat tidak efisien. Seperti halnya ketika kita membaca sebuah buku dan ingin mencari kata atau istilah tertentu dalam buku maka biasanya akan di cari dengan membuka setiap halaman dari awal sampai akhir. Dengan adanya indeks buku maka kita cukup dengan membuka indeks, sehingga akan cepat dalam pencarian kata tersebut. PostgreSQL tidak bisa membuat indeks dengan otomatis, sehingga user dapat membuat indeks tersebut untuk seringkali digunakan kolom, biasanya dalam clause WHERE. Berikut struktur SQL :

CREATE INDEX [nama index] ON [nama tabel] (nama kolom);

Contoh: CREATE INDEX mah_index ON mahasiswa (mah_nama);

Membuat index di tabel mahasiswa, fakultas, jurusan. Kemudian membuat buat lagi index yang bersifat unik disetiap tabel

Berikut ini merupakan tampilan hasilnya:

Indeks sebaiknya jangan digunakan pada tabel yang sangat jarang atau tidak pernah diakses. Selain untuk perintah SELECT Indeks juga bermanfaat untuk UPDATE dan DELETE yang menggunakan kondisi pencarian. Sedangkan Unique index mirip dengan indeks tetapi lebih digunakan untuk mencegah duplikasi nilai yang terdapat dalam tabel. Jadi dengan adanya unique index berarti pembaca tidak dapat meng-insert nilai yang sama dalam sebuah tabel. Berikut struktur SQL nya :

CREATE UNIQUE INDEX [nama index] ON [nama tabel] (nama kolom);

Contoh: CREATE UNIQUE INDEX mah_indeks ON mahasiswa (mah_nama);

Berikut ini merupakan tampilan hasilnya:

3. Cluster

Cluster menurut bahasa adalah Kelompok , fung si ini berguna untuk melakukan perubahan pada tabel berdasarkan informasi pada Indeks,jadi contohnya apabila kita ingin mengelompokkan data dari berbeda tabel ,maka kita tidak perlu membuat tabel baru,cluster akan scara otomatis membuatkan tabel tersebut;

Check berfungsi untuk melakukan pembatasan nilai masukan dalam sebuah kolom, sebagai contoh misalkan kita ingin agar kolom gender yang terdiri dari satu karakter hanya memiliki dua pilihan karakter yaitu M (mail) atau F (Fimail) ini dapat kita seting dengan menggunakan CHECK. Dengan menggunakan CHECK maka sebuah kolom hanya bisa diisi dengan data yang memenuhi kriteria dalam CHECK.

Membuat contoh penggunaan check pada sub bab pembahasan CHECK. Kemudian memasukkan beberapa data baik yang sesuai dengan criteria check maupun yang bukan

Berikut ini merupakan tampilan hasilnya:

Suatu ketika pasti akan memiliki data yang di dalamnya terdapat spasi kosong yang tidak diperlukan, misalnya spasi ganda. Jika ada masalah seperti ini, kita dapat memberikan spasi-spasi kosong yang tidak diperlukan menggunakan fungsi TRIM, RTRIM, dan LTRIM. Ketiga fungsi ini memiliki bentuk penggunaan sebagai berikut :

- RTRIM : digunakan untuk membersihkan spasi kosong yang ada di bagian kanan (Right) String.

- LTRIM : digunakan untuk membersihkan spasi kosong yang ada di bagian kiri (Left) String.

- TRIM : digunakan untuk membersihkan spasi kosong yang ada di bagian kiri, kanan, maupun tengah String

Berikut Struktur SQL nya :

Select trim([nama kolom]) from [nama tabel];

Berikut ini merupakan tampilan hasilnya