Global Var

Silahkan cobain Firefox 5, versi perbaikan [ http://bahtyarz.blogspot.com/ ]

Bagi pengguna web browser Mozilla Firefox dan senantiasa mengupdate web browser ini, mungkin sudah tahu bahwa versi terbaru Mozilla Firefox 5 baru saja di rilis beberapa waktu yang lalu. Padahal Firefox 4 belum lama sebelumnya juga baru saja di rilis, setelah sebelumnya versi terakhir adalah Firefox 3.6.x. Apakah versi 5 ini yang merupakan perubahan dari versi 4 tampil dengan berbagai fitur baru ?

Mulai Versi 5 ini sepertinya Firefox mulai mengubah penamaan versi web browsernya. Jika sebelumnya setiap versi baru Firefox ( versi besar / Major Version) kita akan melihat dan merasakan banyak fitur dan tampilan baru (misalnya dari firefox 2 ke 3 dan dari 3 ke 4), tetapi mulai versi 5 sepertinya hal ini berubah, dan Mozilla sepertinya akan merilis versi 6 sekitar september 2011 nanti.

Fitur dan Perbaikan di Firefox 5

Setelah menggunakan Firefox 5 beberapa hari, maka saya sendiri tidak merasakan hal baru di versi ini dibanding versi sebelumnya, Firefox 4. Dan setelah googling dan baca-baca memang ternyata Firefox 5 dapat dikatakan hanya perbaikan dari Firefox 4 dan kita tidak akan mendapatkan berbagai fitur baru disini. Apa saja yang bertambah di versi 5 ini ?
Beberapa tambahan fitur dan Perbaikan di Firefox 5 adalah
  • Tambahan menu atau opsi “Do not Track Me”
  • Perbaikan performa JavaScript, Memory, networking dan Canvas
  • Perbaikan dan peningkatan masalah keamanan penggunaan fitur WebGL
  • Mendukung Animasi CSS
  • Peningkatan terhadap standardisasi HTML5, XHR, MathML, SMIL dan Canvas
  • Perbaikan integrasi dengan desktop di Linux
  • Beberapa perbaikan masalah stabilitas dan keamanan
Fitur Do not Track Me dapat ditemukan di Options > Privacy Firefox 5. Jika opsi ini diaktifkan, maka web browser tidak akan menyimpan jejak yang biasa di tinggalkan aau digunakan oleh website yang kita kunjungi, seperti misalnya Cookies.

Animasi CSS disini berarti kita (pengembang web) akan bisa memanfaatkan fitur untuk menggerakkan gambar menggunakan CSS3. Meskipun dukungan fitur ini masih belum sepenuhnya lengkap. Sebagai contoh bisa melihat Animasi CSS Matrix dan juga Halaman 404 Net Magazine. Jika kita menggunakan web browser Chrome, maka animasi Matrix diatas akan terlihat, tetapi di Firefox 5 masih belum jalan, Untuk animasi cover di firefox 5 sudah terlihat.
Untuk score HTML5 ( test web browser terhadap dukungan HTML5) Firefox 5 ada peningkatan, meskipun masih dibawah Chrome.
Selain dari penambahan fitur diatas, beberapa perbaikan juga dilakukan terhadap firefox 4, tetapi sepertinya secara umum kita tidak akan melihat banyak perbedaan ketika menggunakan Firefox 4 dengan Firefox 5. Sehingga versi 5 sepertinya tidak bisa dikatakan Versi yang hadir dengan fitur-fitur baru (versi baru), tetapi lebih ke perbaikan dari versi sebelumnya.
Pengalaman saya pribadi, sejak menggunakan FF 4 dan 5 kadang ketika web browser sedang mengolah data atau membuka web, tidak jarang akan terlihat “hang” selama beberapa detik, dan kadang ini cukup mengganggu. Semoga versi berikutnya terdapat perbaikan akan kan ini termasuk penggunaan Memory (RAM) yang masih lumayan besar.