Global Var

mengembalikan data yang terhapus atau terformat di hardisk atau memory


Hmm …. baiknya, kuawali dari mna nih ???
okeh, langsung saja .. udah mlem bgt alias jm 2pagi. Mana bsok mesti bangun page utk Ujian MID lagi, adoh… mumet aq. Yo wes .. langsung wae dab !!
Pernahkan anda terpikir bahwa Install Ulang sebuah OS/software menjadi solusi yang tepat??. Pernahkah anda mempunyai client yg menaruh data di C:\ ? . Nah .. itulah yg saya alami waktu itu. Yaa .. benar waktu itu kira2 3mnggu yg lalu. Artikel ini sempat tertunda dikarenakan masih banyaknya urusan kontrak Akhirat. Waktu itu saya tidak menyangka, jika client saya menaruh data di C:\ . Dalam pikiran saya, ” Mati ..!!!! .. “. Kemungkinan utk menyelamatkan data hanya 50%-50% .
Hmm .. saya beruntung, sewaktu saya pergi ke sebuah CD Shop Services. Saya sepintas melihat sebuah software yang bernama Easy Recovery dg versi 6.04 . Anda dapat mendolot nya di http://www.ontrack.com/. Software tersebut mempunyai kelebihan diantaranya :

1. Dapat mengembalikan data yg hilang atau terhapus (seperti software recovery laennya).
2. Dapat mengembalikan data yang sudah terformat.
3. Dapat mengembalikan data yang sudah terformat “yang berbeda File system dengan File system sebelumnya”.
4. Dapat mengembalikan data melalui jaringan.
5. Dll
Nah … opsi ketiga itulah yang menolong saya, bahkan semula saya tidak mengetahuinya. Namun setelah saya cek, ada opsi tersebut. Perhatikan penjelasan saya berikut :
Misalkan data Anda berupa Skripsi.doc berada di Drive C:\My Documents\ . Terus, sistem Operasi (windows tentunya) anda install Ulang dg file system yg baru. Nah, gimna cara ngebalikinnya. Susah bukan ??. Jika hanya terformat, mngkin bisa dikembalikan dengan Partition Magic 8. Tetapi ini lain, sudah terformat +++ terinstall ++++ otomatis tertindih lagi.
oke, sekarang kita menuju acara Inti. Tetapi sebelumnya ada hal-hal yang mesti diperhatiin dalam menggunakan sofware ini.
1. Jika anda menginginkan data yang terhapus kembali lagi, maka anda cukup menggunakan satu Drive untuk menginstall software ini.
2. Jika anda menginginkan data yang terformat kembali lagi, maka anda harus menggunakan dua drive. Drive satu utk menyelamatkan data/tempat recovery. Drive dua sebagai data yg akan direcovery.
3. Jika FILE SYSTEM pada drive yg ter-FORMAT berbeda dg sebelum ter-FORMAT. Maka anda HARUS mengetahui FILE SYSTEM sebelumnya.

Lanjuttt…
* Pertama, lu harus install dulu softwarenya.
* setelah itu jalankan dan akan nampak seperti berikut :

er
Easy Recovery.JPG
* Lalu klik data recovery. Akan muncul gbr sperti barikut :
2.jpg
* Lalu pilih Format recovery, Scan Proses akan berjalan, dan selanjutnya akan nampak seprti berikut :
3.jpg
* Klik Oke saja. Lalu akan terlihat sperti ini :
4.jpg
* Nah disitu ente bisa liat khan?? ada opsi Previous File System. Pada kasus saya, file system sebelum saya format adalah NTFS dan saya format menjadi FAT32. Jadi sesuaikan dg kasus anda. dan pilih previous file systemnya sperti gambar berikut :

5.jpg
* lalu akan terlihat proses scanning files seperti berikut :
6.jpg
* setelah selesai akan nampak folder2 drive C:\ sebelum diinstall ulang. Andaikan saya tahu kejadian ini terjadi pasti saya akan merecord screen Dive C:\ sebelumnya dan membandingkannya .. hehehe ..
format rec.JPG
* lalu pilihlah data dalam folder yg akan dikembalikan. Ingat!!, File yg akan direstore menjadi lebih besar. Dikarenakan perombakan besar2an akan terjadi. Misal file anda yg asli adalah 10MB, maka bisa menjadi 50MB. Dan saya juga tidak tahu kenapa itu bisa
terjadi.
* lalu pilih saja next, dan pilih tempat output filenya. Jika lu memilih tempat yg sama dengan drive yg akan direcovery, kemungkinan tidak bisa dilakukan. Jadi Pilih drive yg bukan direcovery(drive utk data).
Dan inilah hasil2 dokumentasi saya ketika mencari sebuah file bernama RESUME MANAJEMEN LOGISTIK.doc

en
encript.JPG

ve.jpg
view word.JPG

found.jpg
found research.JPG
Untungnya saya masih dapat mendapatkan file yg belum terencript(liat gbr diatas). Oleh karena itu, saya katakan kemungkinan mengambil data dalam partisi yang sudah terformat dg file system yang baru plus terinstall OS yg baru adalah 50% – 50%. walaupun saya mengambilnya lewat system restore mngkin/LOSTFILE … atau mungkin file yg tersave otomatis